Sukses

Beauty

Tips Mencegah Asma Saat Anda Menstruasi

William E.Berger, MD, seorang professor klinis alergi dan imunologi di Universitas California-Irvine dan penulis dari Asthma for Dummies, menyatakan pendapatnya bahwa sekitar setengah dari wanita penderita asma mengalami gejala asma yang semakin parah tepat sebelum bahkan selama mereka mengalami menstruasi. Pernyataan ini terangkum dalam situs everydayhealth.com.

Tentu saja wanita mengalami segala permasalahan terkait dengan PMS saat beberapa hari sebelum dan selama menstruasi. Apabila wanita yang kebetulan juga penderita asma mengalami gejala asma saat PMS menyerang, dapatkah anda membayangkan betapa tersiksanya mereka?

Para peneliti berpendapat bahwa naiknya hormone ketika wanita mengalami menstruasi merupakan penyebabnya munculnya gejala asma. Oleh karena itu, untuk menghindari serangan asma saat menstruasi, berikut adalah tips yang mungkin bisa anda coba. Tips ini berhasil dirangkum dari everydayhealth.com.

• buatlah sebuah catatan
Catatlah kapan gejala asma menyerang selama sebulan dan bandingkan dengan siklus menstruasi anda. Anda dan dokter anda akan menemukan hubungan antara asma dan menstruasi anda.
• berbicaralah dengan dokter
Jika asma tetapa menyerang sebelum dan selama menstruasi, hendaknya anda berkonsultasi dengan dokter mengenai pengobatan yang harus anda ambil.
• terapi hormone mungkin membantu
Terapi hormone berarti memanipulasi waktu menstruasi dengan hormone tertentu.
• hindari hal-hal yang dapat membuat asma anda kambuh
Penderita asma biasanya mengetahui beberapa hal penyebab kambuhnya asma. Dengan menghindari penyebab asma sebelum dan selama menstruasi, mungkin anda akan terhindar akan gejala asma.
• siapkan obat
Mempersiapkan obat, seperti rescue inhaler merupakan hal yang patut dilakukan supaya ketika asma menyerang, anda tidak perlu panik.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading