Sukses

Beauty

Berenang, Olahraga yang Baik Bagi Penderita Asma

Selain menjaga pola makan yang sehat, setiap orang juga harus berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Sayangnya, sebagai penderita asma anda tidak dapat sembarangan memilih jenis olahraga. Sebab jika salah pilih jenis olahraga bisa-bisa tubuh sehat tak didapat malah asma yang kambuh.

Menurut laman health.com, salah satu olahraga yang baik bagi penderita asma adalah berenang. Dr. Mark Holbreich, MD, dari Indianapolis menyatakan bahwa bernapas di tempat yang sangat lembab dan hangat sangat baik bagi penderita asma. Selain itu, latihan pernapasan saat berenang berfungsi untuk mengatur napas penderita asma.

Lebih lanjut, berada pada posisi horizontal saat berenang membantu mengeluarkan lender yang terdapat pada paru-paru. Pernapasan yang teratur pada saat anda berenang sangat baik untuk paru-paru anda. Jadi, berenang tak hanya baik bagi penderita asma melainkan bagi semua orang untuk menjaga agar paru-paru tetap sehat.

Namun, anda harus waspada terhadap klorin yang biasanya digunakan untuk menjernihkan air kolam renang. Perlu anda ketahui bahwa kadar klorin yang terlalu tinggi dapat memicu kambuhnya asma. Jadi, sebaiknya pilihlah kolam renang yang menggunakan sumber air alami daripada yang menggunakan klorin agar tubuh anda tetap sehat dan bugar.

Oleh: Lies Nureni

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading