Sukses

Beauty

Pengaruh Kafein Bagi Kanker Payudara

Kanker payudara dapat menyerang baik pria juga wanita. Di Amerika Serikat saja, ditemukan kasus kanker payudara pada pria sebanyak 1,970 kasus dan 207,090 kasus pada wanita. Oleh karena itu, penelitian yang bertujuan untuk menemukan pengobatan paling efektif serta faktor penyebab kanker payudara masih terus berjalan.

Benjolan yang ditemukan pada bagian payudara oleh beberapa wanita seringkali disalah artikan sebagai bagian dari jaringan payudara. Meskipun banyak dari para wanita yang merasakan nyeri pada benjolan tersebut. Dan, menurut sebuah penelitian, wanita yang terbiasa minum kopi 4 gelas sehari merasakan nyeri lebih sakit daripada mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

Menurut livestrong.com, perkiraan bahwa kafein dapat meningkatkan resiko seorang wanita terkena kanker payudara didasarkan pada hasil penelitian yang melaporkan bahwa wanita dengan tumor jinak pada payudara mereka merasakan nyeri pada payudara yang jauh berkurang setelah mereka menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein.

Perkiraan diatas kemudian dibuktikan dalam penelitian lanjutan yang dilakukan oleh sebuah tim peneliti pimpinan Ken Ishitani, M.D. Secara garis besar disimpulkan bahwa konsumsi kafein pada orang baik yang telah didiagnosa kanker payudara maupun tidak menunujukkan tidak adanya pengaruh besar dari kafein.

Pesan dari para peneliti tersebut adalah meskipun tidak terbukti berpengaruh besar, pola makan sehat simbang penting dilakukan semua orang, baik yang didiagnosa kanker payudara maupun tidak.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading