Sukses

Beauty

Berat Badan Bayi Bukan Termasuk Faktor Pemicu Asma

Penyakit asma sekarang sering menyerang anak-anak hingga menyebabkan mereka tidak masuk sekolah, itulah yang diungkapkan oleh seorang alergis Hyeon Yang sebagaimana dilansir oleh sciencedaily.com. Selama ini lingkungan, gen, dan interaksi dianggap sebagai pemicu penyakit asma.

Mungkin Anda juga pernah mendengar kalau berat badan bayi juga bisa mempengaruhi resiko asma, di mana bayi dengan berat badan rendah lebih rentan terkena asma. Sekarang anggapan tersebut dianggap tidak benar.

Para peneliti mengamati 3.740 anak dengan berat badan normal dan 193 anak dengan berat badan rendah yang dilahirkan di Ronchester, Minnesota pada tanggal 1 Januari 1976 hingga 31 Desember 1979. Dari penelitian yang dilakukan, bisa diambil sebuah kesimpulan jika berat badan bayi tidak mempengaruhi resiko mereka terkena penyakit asma.

Buktinya, hanya sebanyak 6.7 persen atau 13 anak yang memiliki penyakit asma pada kelompok berat badan rendah dan sebanyak 201 anak dari grup berat badan normal terkena asma. Dari sini, Anda bisa melihat bahwa perbandingan jumlah mereka tidak terlalu besar.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu takut jika buah hati Anda memiliki berat badan di bawah normal karena bukan berarti ia rentan terhadap penyakit asma dan bukan berarti berat badan rendah menjadi faktor pemicu asma pada anak-anak. Yang penting, selalu jaga lingkungan tetap bersih dan berikan asupan makanan bergizi pada si kecil untuk meningkatkan imunitasnya.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading