Sukses

Beauty

Kemoterapi Bagi Penderita Kanker Payudara – Setelah Operasi

Ladies, tahukah anda apa saja biasanya perawatan yang diberikan pada penderita kanker payudara?

Kemoterapi adalah pengobatan dengan obat anti-kanker yang dapat diberikan secara intravena (disuntikkan ke pembuluh darah) atau melalui mulut. Obat-obatan dimasukkan melalui aliran darah untuk mencapai sel-sel kanker pada sebagian besar bagian tubuh.

Perawatan dengan menggunakan kemo diberikan secara bertahap dengan masing-masing tahap perawatan diikuti oleh masa pemulihan. Pengobatan dengan metode ini biasanya dapat berlangsung selama beberapa bulan.

Lalu, kapankah perawatan kanker payudara dengan kemoterapi digunakan?

Menurut situs www.cancer.org, ada beberapa situasi di mana kemoterapi mungkin disarankan, dan salah satunya adalah setelah operasi kanker payudara.

Pembedahan atau operasi kanker payudara digunakan untuk menghapus semua kanker yang dapat dilihat, namun kadang disertai juga dengan terapi adjuvan digunakan untuk membunuh sel-sel kanker yang mungkin telah ditinggalkan tetapi tidak dapat dilihat saat operasi.

Bahkan pada setiap tahap awal kanker payudara, sel-sel kanker dapat melepaskan diri dari tumor utama payudara dan menyebar melalui aliran darah. Sel-sel ini tidak akan menimbulkan gejala negatif atau efek buruk lainnya. Atau paling tidak, tidak segera muncul.

Selain itu, ladies, mereka tidak muncul pada tes pencitraan dan mereka juga tidak bisa dirasakan selama pemeriksaan fisik. Tetapi jika sel sel ini dibiarkan tumbuh, mereka dapat membentuk tumor baru di tempat lain dalam tubuh. Tujuan dari kemoterapi ajuvan adalah untuk membunuh sel-sel yang terdeteksi telah melakukan perjalanan dari payudara.

Penulis: Yudha Yanuar A.

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading