Sukses

Beauty

Meningkatnya Resiko Kanker pada Wanita Muda!

Anda wanita 25-39 tahun? Sebuah hasil penelitian merilis hasil yang cukup membuat khawatir para wanita pada golongan usia produktif tersebut: dalam tiga dekade terakhir, resiko kanker pada kategori usia ini meningkat!

Ditulis dalam nytimes.com, sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of the American Medical Association tahun 2009 juga mencatat kenaikan resiko sebesar 2.9% per 100.000 wanita ddi tahun 2009 dari 1.53% di tahun 1976. Kanker ini beraneka ragam, termasuk kanker payudara.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan wanita adalah memeriksakan diri untuk melihat adanya deteksi kanker sejak dini, terutama jika ada riwayat kanker dikesehatan keluarga Anda. Saat Anda merasakan nyeri yang tidak wajar dan perubahan bentuk di payudara, segeralah memeriksakan diri meski tidak ada riwayat kanker dikeluarga ANda.

Mengenai memeriksa kesehatan payudara dengan screening, para ahli menyarankan untuk baru melakukannya sekitar usia 40- 50 tahun. Memang, hanya sekitar 1.8% wanita muda yang mengidap kanker—yang jauh lebih kecil daripada wanita usia 35-44. Namun, wanita muda yang sudah mengidap kanker biasanya mengidap kanker yang lebih ganas. Hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat menemukan penyebabnya.

Banyak para ahli kanker yang terus menyoroti isu kenaikan resiko kanker pada wanita muda ini. Dr. Formenti dari New York University Langone Medical Center menyatakan bahwa sebenarnya jumlah ini tidak terlalu signifikan dan hendaknya diteliti lebih lanjut supaya ridak mengundang kepanikan banyak orang.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading