Sukses

Beauty

Hal yang Dapat Memperparah Asma pada Malam Hari

Anda pasti merasa tersiksa jika asma juga menyita waktu istirahat tidur malam anda. Di saat anda membutuhkan ketenangan dan kenyamanan untuk beristirahat, asma datang menyerang. Sungguh tidak nyaman, bukan?

Asma dapat muncul pada malam hari karena beberapa penyebab, seperti jam tubuh yang menyebabkan saluran pernafasan menyempit, kondisi kamar anda yang dapat memicu gejala asma, atau hidung anda yang mampat sehingga lebih sulit untuk bernafas. Di samping hal-hal tersebut, beberapa hal lain dapat membuat asma anda lebih parah.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat memperparah asma anda pada malam hari seperti yang terangkum di www.everydayhealth.com:

•    sleep apnea

Pernahkan anda mendengar istilah sleep apnea? Sleep apnea merupakan sebuah keadaan orang berhenti bernafas dalam periode waktu tertentu sehingga tidak mampu untuk memasukkan udara yang cukup ke dalam paru-paru. Slepp apnea ini dapat mengakibatkan munculnya asma.

•    GERD

GERD merupakan singkatan dari Gastroesophageal Refluc Disease. GERD terjadi ketika katup gastoesafageal tidak tertutup dengan rapat, asam lambung dapat mengalir balik ke atas menuju kerongkongan. Keadaan inilah yang dapat menimbulkan gejala asma.

•    Obesitas

Sleep apnea  atau keadaan di mana orang berhenti bernafas ketika tidur dapat dipengaruhi oleh berat badan seseorang. Obesitas dapat menimbulkan sakit kepala hingga kelesuan atau kecapean. Keadaan ini mengurangi semangat seseorang untuk beraktifitas dan berolahraga. Kurangnya olahraga menjadikan seseorang semakin memicu obesitas, sleep apnea, dan asma.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading