Sukses

Beauty

Cara Membersihkan Peak Flow Meter

Sudahkah anda membersihkan peak flow meter anda? Tahukah anda cara yang baik untuk membersihkan peak flow meter anda?


Peak flow meter yang sudah sering digunakan semestinya harus dibersihkan. Mungkin saja ada debu yang menempel pada alat anda. Kotoran yang menempel pada peak flow meter ini menyebabkan ketidakakuratan hasil yang anda peroleh saat melakukan pengukuran.


Berdasarkan www.lung.org, kotoran yang menempel pada peak flow meter anda tidak hanya disebabkan oleh debu tetapi juga kuman atau mungkin jamur yang menempel dan mengendap di alat anda. Bagaimana bisa? Tentu saja kuman dan jamur tersebut menempel karena infeksi pernapasan yang anda derita.


Meskipun mungkin debu, kuman, dan jamur menempel dan mengendap pada peak flow meter, bukan berarti anda harus membersihkan peak flow meter anda setiap kali selesai menggunakan. Anda cukup membersihkan peak flow meter seminggu sekali dengan cara yang tepat.


Berikut adalah cara yang simpel untuk membersihkan peak flow meter anda dari debu, kuman, dan jamur. Cara tersebut di bawah ini berhasil di rangkum dari www.healthcare.philips.com:

  • lepaskanlah bagian mouthpiece dari peak flow meter dan cuci bersih dengan air hangat dan keringkan,
  • alat anda juga dapat dibersihkan secara keseluruhan dengan mencucinya dalam air hangat dan sedikit sabun. Keringkan alat sebelum dipakai lagi.
  • jangan lupa untuk menggoyangkan alat anda setelah selesai dicuci supaya semua air yang tersembunyi terbuang sehingga peak flow meter dapat kering dengan maksimal,
  • jangan pernah merebus peak flow meter anda.

Mudah, bukan? Mari kita jaga kebersihan peak flow meter kita. Selamat mencoba!

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading