Sukses

Beauty

Carotenoid, Zat Pencegah Asma

Anda pernah mendengar nama carotenoid? Nama caroteniod atau yang lebih familier anda kenal dengan nama carotenoid beta-carotene ini mungkin banyak anda dengar atau baca ketika sedang berbicara mengenai masalah sayuran atau sebagainya.

Berdasarkan situs www.healwithfood.org, carotenoid beta-carotene merupakan zat yang banyak ditemukan pada sejumlah buah dan sayur berwarna kuning, jingga, atau hijau, seperti misalnya bayam, wortel, ubi jalar, mangga, melon, dan banyak lagi.

Zat beta-carotene yang merupakan zat anti oksidan penghancur lemak ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Salah satu manfaatnya adalah dalam fungsinya sebagai pencegah dan juga pengurang munculnya gejala asma.

Memang apa tepatnya fungsi zat carotenoid beta-carotene ini secara langsung bagi mereka yang menderita penyakit asma?
Dijelaskan dalam situs yang sama, carotenoid beta-carotene ini mampu melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh yang umumnya menyebabkan terjadinya kontraksi pada otot halus di jalur pernafasan.

Tak hanya itu, zat carotenoid beta-carotene yang anda konsumsi akan diubah tubuh menjadi vitamin A. Nah, vitamin A yang terbentuk ini juga merupakan zat anti oksidan yang kuat potensinya.

Situs www.healwithfood.org ini juga menyebutkan jenis carotenoid yang lain yakni lycopene. Lycopene ini merupakan jenis carotenoid lain yang juga memiliki manfaat anti oksidan tinggi. Jenis carotenoid yang satu ini dapat anda temui pada buah atau sayuran seperti tomat, apricot, semangka, dan jambu.

So, ladies, jika anda tak ingin terkena asma, jangan sampai tubuh anda kekurangan zat carotenoid ini, ya.

Oleh: Alfi Suci D.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading