Sukses

Beauty

Efek Pilek dan Infeksi Virus Bagi Penderita Asma

Pilek dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai flu, infeksi, dan lainnya. Penyebab pilek pada umumnya adalah infeksi yang menyerang saluran pernafasan yang meliputi hidung, tenggorokan dan paru-paru. Menurut asthmafoundation.org.au, terdapat 80% kasus asma yang didahului oleh pilek. Pilek ini dikarenakan virus yang menyebar dengan cepat di udara saat orang yang sakit sedang batuk atau bersin.

Penyebab flu adalah virus, dan bentuk virus ini dapat berubah-ubah seiring waktu. Memang flu hanya menimbulkan presentase kecil yang mempengaruhi asma. Namun penderita asma yang juga memiliki flu memiliki resiko lebih besar terkena komplikasi akibat flu seperti pneumonia, bronchitis dan infeksi telinga. Tentu hal ini akan memaksa Anda untuk beristirahat dan berhenti dari aktifitas Anda. Jika hal ini menyerang balita, maka dia juga perlu untuk dirawat di rumah sakit.

Kemudian apa bedanya flu dan demam? Sebenarnya flu, atau influenza merupakan penyakit yang lebih serius. Gejala flu menyerang dengan cepat dan tiba-tiba. Gejalanya antara lain adalah demam, sakit kepala, otot yang terasa sakit, sakit tenggorokan, dan batuk kering.

Infeksi virus flu ini biasanya menyebar melalui batuk dan bersin dari orang yang sudah terinfeksi. Untuk sepenuhnya sembuh, biasanya dibutuhkan waktu 3-4 minggu dan bahkan diantara butuh bed-rest.

Jika Anda penderita asma yang terkena flu, waspadai apabila obat flu tertentu malah memperparah Anda. Periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat bagi keduanya.

Oleh Zurriat Nyndia

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading