Sukses

Beauty

Konsumsi Makanan Ini jika Anda Memiliki Asma

Asma merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh menegangnya otot-otot di daerah saluran pernapasan. Menegangnya otot-otot tersebut tentu saja menyulitkan penderita untuk bernapas sehingga napas mereka sering terdengar menciut-ciut, sesak di dada, bahkan terbatuk-batuk.


Gejala-gejala asma tersebut di atas bukan hanya terjadi pada orang dewasa namun pada anak-anak kecil juga. Hal ini dikarenakan asma dapat menurun pada anak. Sungguh berbahaya, bukan?
Berikut adalah beberapa sumber makanan yang harus dikonsumsi untuk mengurangi gejala-gejala asma. Makanan-makanan di bawah ini berhasil dirangkum dari www.livestrong.com.
ASI (Air Susu Ibu)
Seperti yang dikatakan di atas, anak kecil atau bayi dapat juga terkena asma dikarenakan oleh faktor keturunan. Berdasarkan sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Medical News Today seperti yang terangkum di www.livestrong.com, anak yang diberi ASI sedari lahir selama empat bulan pertama dapat terhindar dari gejala-gejala asma. Oleh karena itu, ASI dianggap penting untuk dikonsumsi supaya anak terhindar dari asma.
Buah dan Sayuran
Buah dan sayuran mengandung vitamin antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E yang dapat mencegah peradangan paru-paru disebabkan oleh radikal bebas.
Sulfite-free diet
Kandungan sulfit yang sering dijadikan bahan awet dalam makanan dapat memicu asma. Oleh karena mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung sulfit baik untuk anda.
Magnesium
Makanan yang mengandung magnesium tinggi seperti tahu, kacang, gandum, dan sayuran hijau dipercaya dapat membantu menangkal asma.
Low-fat diet
Makanan yang berlemak dapat meningkatkan kemungkinan saluran pernapasan mengalami peradangan sehingga menimbulkan asma. Diet makanan berlemak akan menghindarkan anda dari serangan asma.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading