Sukses

Beauty

Tes Fungsi Paru-paru Untuk Mendiagnosa Asma

Jika anda mulai merasakan perubahan pada sistem pernafasan anda, ada baiknya anda menjalani tes fungsi paru-paru. Tes ini juga disebut tes fungsi pulmonary, yang akan mengukur seberapa baik paru-paru anda bekerja.

Tes ini digunakan untuk mengetahui penyebab masalah pernafasan yang anda alami seperti pernafasan pendek dan asma. Seperti yang dimuat oleh nhlbi.nih.gov, tes fungsi paru-paru mengukur:

  • Berapa banyak udara yang bisa ditampung oleh paru-paru anda/ jumlah ini akan dibandingkan dengan orang lain sesuai dengan umur, tinggi badan, dan jenis kelamin anda. Ini dapat membantu dokter anda untuk mengetahui apakah paru-paru anda bekerja secara normal atau tidak.
  • Berapa banyak udara yang bisa anda keluarkan dari paru-paru anda (mengeluarkan nafas) dan berapa cepat anda dapat melakukannya.
  • Seberapa baik paru-paru anda mengirim oksigen ke dalam darah.
  • Kekuatan otot-otot pernafasan anda.

Tes ini memang tidak akan menunjukan penyebab masalah-masalah pernafasan yang anda alami. Maka, anda juga dapat menjalani tes lainnya seperti exercise stress test. Tes ini akan mengukur seberapa baik paru-paru dan jantung anda bekeja sementara anda melakukan latihan atau olahraga diatas treadmill atau sepeda.

Exercise stress test akan memberikan anda informasi mengenai bagaimana jantung anda bekerja selama anda menekan kerja fisik anda. Beberapa masalah pada jantung andapun dapat lebih mudah didiagnosa ketika jantung anda sedang bekerja keras dan berdetak dengan cepat.

Oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading