Sukses

Beauty

Tindakan Cepat Atasi Serangan Asma

Bagi Anda penderita penyakit asma, Anda pasti tahu bagaimana serangan penyakit asma bisa sangat menyiksa. Jika serangan penyakit asma sedang terjadi, dapat dipastikan Anda akan mengalami sesak nafas atau bahkan susah duduk tegak.

Menurut review oleh Elana Pearl Ben-Joseph, MD dalam kidshealth.org mengungkapkan bahwa serangan penyakit asma yang menyebabkan sesak nafas timbul akibat lendir lengket yang dihasilkan otot di paru – paru. Lendir lengket tersebut yang kemudian mengakibatkan udara yang masuk menjadi terhambat.

Namun, bagi Anda para penderita penyakit asma, ada beberapa tindakan cepat yang dapat Anda lakukan begitu gejala asma mulai terasa.

  1. Untuk meminimalisir serangan asma, ubah posisi Anda. Bersandar, duduk atau merebahkan badan adalah posisi – posisi yang dapat meringankan serangan asma yang sedang terjadi.
  2. Jika dengan merubah posisi serangan asma tetap terjadi, segera ambil inhaler (obat semprot asma) atau obat peredam serangan asma yang biasa Anda konsumsi.
  3. Berada di dalam ruangan ber-AC bagi penderita asma bukanlah ide yang bagus. Segeralah keluar dan mencari tempat yang lebih hangat.
  4. Jika inhaler atau obat asma Anda tertinggal, maka anda dapat mencari minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau soda.
  5. Jika dengan tindakan di atasa tetap tidak dapat mengatasi serangan asma, maka segeralah menghubungi petugas medis.

Bagi penderita penyakit asma, satu hal yang harus selalu mereka lakukan adalah membawa inhaler. Pastikan Anda selalu membawa inhaler atau obat asma Anda setiap keluar rumah.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading