Sukses

Beauty

Makanan Terkontaminasi Aflatoxins Memicu Kanker Payudara

Bagi anda yang tidak ingin menderita kanker payudara, sebaiknya mulai sekarang anda harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Ini karena ternyata ada sejenis jamur makanan yang mampu meningkatkan resiko timbulnya kanker payudara.

Tertulis dalam situs www.healwithfood.org, ternyata ada sejenis jamur yang biasa tumbuh dalam makanan yang mampu menghasilkan zat-zat berbahaya pemicu kanker (carcinogenic toxin) ketika makanan tersebut sedang diolah, dikirim, ataupun ketika sedang disimpan.

Salah satu zat berbahaya yang jamur ini hasilkan adalah aflatoxins. Dijelaskan dalam situs ini, aflatoxins diteliti mampu meningkatkan resiko tumbuhnya kanker payudara karena zat berbahaya ini mampu merusak DNA.

Ada cukup banyak jenis makanan yang mudah ditumbuhi jamur penghasil aflatoxins ini. Makanan-makanan tersebut antara lain seperti peanut, kacang, gandum utuh, dan berbagai jenis rempah-rempah. Yang lebih mengkhawatirkan lagi, menurut situs ini ternyata aflatoxins tidak dapat dihancurkan atau dihilangkan dengan dimasak ataupun dibekukan.

So, situs www.healwithfood.org memberikan beberapa saran bagaimana cara menghindari makanan yang ber- aflatoxins.

Pertama, pastikan agar anda selalu memilih makanan seperti biji-bijian dan kacang yang masih segar. Kedua, pastikan agar makanan yang anda beli disimpan dengan cara yang tepat, dan hindari membeli makanan dari daerah yang anda kurang yakin ketepatan cara penyimpanannya.

Selanjutnya, jangan mengkonsumsi kacang yang terlihat basi atau yang anda curigai keamanannya. Dan juga, banyak-banyaklah mengkonsumsi sayuran hijau yang banyak mengandung klorofil, yang terbukti mampu mengurangi kadar aflatoxins dalam tubuh.

Semoga saran tersebut berguna bagi anda.

 Penulis: Alfi Suci D.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading