Sukses

Beauty

Siklus Menstruasi dan Penyakit Asma

Beberapa wanita mungkin mengeluhkan betapa begitu menyiksanya gejala datangnya siklus menstruasi. Banyak dari mereka mengeluhkan sering mengalami keram perut, mual – mual, muntah, juga sakit punggung. Namun, beberapa wanita lain bahkan mendapatkan “siksaan” lebih dari yang sudah disebutkan diatas.

Para wanita dengan penyakit asma akan mengalami gejala sebelum menstruasi lebih menyiksa daripada mereka yang tidak mempunyai riwayat masalah kesehatan dengan penyakit asma. Seperti lansiran everydayhealth.com, William E. Berger, seorang guru besar bidang alergi dan ketahanan tubuh, mengatakan bahwa hampir setengah wanita dengan penyakit asma mengalami serangan asma luar biasa ketika mereka menstruasi.

Mengapa?

Perubahan hormon daam tubuh adalah alasan utama mengapa siklus menstruasi berpengaruh pada panyakit asma. Setidaknya seminggu sebelum waktu menstruasi, produksi progesteron dan estrogen dalam tubuh wanita akan berhenti. Hal itulah yang disinyalir menyebabkan timbulnya gangguan pada sel pada saluran pernfasan.

Para wanita dengan penyakit asma perlu waspada. Kebanyakan dari mereka cenderung akan merasakan serangan asma paling parah 4 hari menjelang tanggal menstruasi. Dianjurkan bagi para wanita untuk mengkonsumsi obat asma lebih sering ketika mendekati tanggal menstruasi. Hal itu dapat mengurangi resiko serangan asma.

Ingat, jangan menunggu seseorang untuk mengantarkan Anda ke rumah sakit karena serangn asma yang mendadak. Tandai siklus menstruasi Anda dan selalu persiapkan diri untuk kemnungkinan terburuk.

Oleh: Marintan Widi Lestari


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading