Sukses

Beauty

Perhatikan Keamanan Peralatan Terapi Oksigen di Rumah Anda!

Jika anda memiliki asma kronis yang sangat berat, anda mungkin akan memulai menggunakan terapi oksigen sesegera mungkin untuk memberi tubuh anda persediaan oksigen yang cukup untuk dapat berfungsi seperti sebelumnya. Untuk keadaan darurat seperti ketika asma anda kambuh dan menyulitkan anda bahkan untuk sekedar bernafas, terapi oksigen dapat menjadi pertolongan pertama yang efektif.

Ketika anda dirawat di rumah sakit, dokter akan mengecek untuk memastikan apakah anda mendapatkan jumlah oksigen yang tepat dengan yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Namun, jika anda sering mengalami asma pada saat-saat yang tak terduga, baik halnya bagi anda untuk memiliki peralatan terapi oksigen di rumah anda.

Dokter anda atau ahli lainnya dapat memberi tahu dan mengajarkan anda bagaimana untuk menggunakan peralatan terapi oksigen di rumah anda. Namun, karena oksigen dapat menimbulkan api, anda harus melakukan beberapa langkah keamanan di rumah anda. Oksigen memang bukan gas yang dapat meledak, namun ini bisa memperbesar api. Di samping itu, tabung silinder yang menampung konsentrasi oksigen dapat meledak jika mengalami kontak dengan suhu panas.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa anda lakukan untuk keamanan peralatan terapi oksigen di rumah anda seperi yang dilansir oleh nhlbi.nih.gov:

1.    Jangan merokok atau berdekatan dengan orang yang merokok jika anda sedang menggunakan peralatan oksigen, jangan dekati rokok karena oksigen dapat memicu kebakaran yang disebabkan oleh api rokok.

2.    Jangan gunakan tiner cat, cairan pembersih, bensin, semprotan aerosol, dan bahan lain yang mudah terbakar.

3.    Tempatkan peralatan terapi oksigen anda sedikitnya 1,5 meter dari kompor gas, lilin, dan sumber panas lainnya

oleh: Desti Ayu Ruhiyati
   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading