Sukses

Beauty

Mitos-mitos Seputar Kanker Payudara III

Sebagai wanita modern yang cerdas, ladies sekalian harus tahu mana saja yang termasuk mitos dan fakta terkait dengan kanker payudara. Sebab ladies bisa saja terjerumus kepada sesuatu yang salah jika tidak mengetahui kebenarannya. Berikut adalah mitos dan fakta seputar kanker payudara yang dihimpun dari health.com.

•    Mitos: Riwayat kanker payudara pada keluarga ayah tidak memengaruhi anda
Fakta: Memeriksa riwayat kanker payudara dari keluarga ayah maupun keluarga ibu adalah sama pentingnya. Periksalah apakah bibi atau nenek dari ayah anda memiliki riwayat kanker payudara atau kanker ovarium. Periksa juga apakah ada riwayat kanker prostat dan kanker usus besar pada paman dan kakek anda.

•    Mitos: Konsumsi kafein dapat menyebabkan kanker payudara
Fakta: Kafein yang anda konsumsi bukanlah penyebab kanker payudara bahkan tak ada hubungan antara kafein dan kanker payudara. Justru kafein malah mengurangi risiko kanker payudara. Tapi, jika anda memiliki mag sebaiknya hindari mengonsumsi kafein terlalu banyak.

•    Mitos: Radiasi pada saat mammografi dapat meningkatkan risiko kanker payudara
Fakta: Memang benar terdapat radiasi dari sinar X saat dilakukan mammografi. Tetapi tentu saja radiasi tersebut sangat kecil jumlahnya bila dibandingkan dengan manfaat yang diperoleh. Maka dari itu, wanita disarankan untuk melakukan mammografi sekitar 1 hingga 2 tahun sekali.

•    Mitos: Anda dapat berlega hati jika mammografi menunjukkan hasil yang negatif
Fakta: Eits, ladies jangan berlega hati terlebih dahulu jika mammografi anda menunjukkan hasil negatif. Sebab mammografi juga terkadang gagal dalam mendeteksi adanya kanker payudara. Pemeriksaan lanjutan seperti MRI, ultrasound, maupun pemeriksaan sendiri penting untuk dilakukan.

Oleh Lies Nureni


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading