Sukses

Beauty

Efek Samping Inhaler Bagi Penderita Asma

Selain obat-obatan, banyak penderita asma yang menggunakan alat sebagai pertolongan jika mereka mengalami serangan atau gejala asma dimanapun mereka berada seperti alat terapi oksigen dan inhaler. Inhaler umum digunakan oleh penderita asma karena bentuknya yang kecil sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana-mana.

Selain itu, cara menggunakan inhalerpun cukup sederhana. Anda hanya harus menekannya dan anda akan menghirupnya untuk mengurangi asma anda. Namun seberapa amankah penggunaan inhaler bagi seorang penderita asma? Apakah inhaler memiliki efek samping?

Seperti yang dapat dikutip dari nhs.uk, inhaler adalah pengobatan yang aman dan efektif. Inhaler hanya digunakan pada saat-saat tertentu seperti pada saat anda menderita sesak nafas yang disebabkan oleh asma. Maka dari itu, inhaler dirasa sangat aman karena tidak digunakan secara terus menerus.

Inhaler tidak memiliki efek samping dan aman bagi anda selama anda tidak menggunakannya dengan dosis berlebihan atau terlalu banyak. Penggunaan inhaler dengan dosis yang berlebihan dapat menyebabkan tangan yang bergetar ringan, sakit kepala, dan kram pada otot. Namun ini hanya dapat terjadi pada penggunaan inhaler pada dosis yang tinggi.

Selain inhaler pengendali asma, ada juga inhaler pencegah asma. Pada dosis yang tepat, inhaler pencegah asma juga sangat aman untuk anda gunakan. Namun, penggunaan jangka panjang dapat menimbulkan infeksi yang disebabkan oleh jamur pada mulut atau tenggorokan.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati
   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading