Sukses

Beauty

Bahaya Udara Dingin Bagi Penderita Asma

Banyak penderita asma yang beranggapan bahwa udara dingin adalah pemicu gejala asma nomor satu. Udara dingin memang dapat memberi pengaruh serius bagi penderita asma. Di samping itu, udara dingin juga memicu penyakit lain yang dapat memperburuk asma yang anda derita seperti demam atau flu.

Hal ini dapat terjadi karena pada cuaca dingin, penderita asma bernafas dengan menghirup udara dingin yang masuk ke paru-paru. Hal ini dapat memicu asma, dan juga demam dan flu.

Penderita asma yang tinggal di daerah bercuaca dingin akan lebih kuat mempertahankan diri dari udara dingin jika anda melakukan upaya-upaya pengendalian asma dengan cara mengatur konsultasi teratur dengan dokter anda untuk tetap mengawasi asma anda. Selain itu, ada lima tips yang dapat anda lakukan untuk bertahan di udara dingin seperti yang disebutkan oleh nhs.uk berikut ini:

1.    Konsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter anda secara teratur.

2.    Jika anda mengetahui bahwa udara dingin dapat memicu asma anda, bawalah inhaler jika anda akan pergi keluar rumah.

3.    Bawalah inhaler atau peralatan yang dapat memberikan pertolongan dengan segera jika asma anda kambuh kemana saja anda pergi.

4.    Pakailah penutup mulut dan hidung seperti syal atau selendang. Ini akan menghangatkan udara yang anda hirup.

5.    Jika anda ingin berolahraga pada cuaca yang dingin, sebaiknya anda melakukan pemanasan terlebih dahulu sekitar 10 sampai 15 menit dan hirup inhaler anda sebanyak dua kali sebelum memulai.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati
   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading