Sukses

Beauty

Hati-Hati Dengan Occupational Asthma

Occupational asthma atau penyakit asma di lingkungan kerja adalah salah satu penyakit asma yang sering menyerang mereka yang bekerja di lingkungan pabrik atau mereka yang bekerja dengan bahan-bahan kimia dan seringkali menghirupnya. Penyakit asma ini seringkali tidak tampak pada awal bekerja.

Sistem kekebalan tubuh yang menganggap bahan yang masuk dalam tubuh sebagai materi yang berbahaya kemudian akan membuat anda mengalami penyakit asma jenis ini. Occupational asthma berbeda dari penyakit asma jenis lainnya karena meski anda tidak pernah terserang asma sebelumnya, terkena bahan kimia atau zat yang berbahaya dalam waktu lama bisa membuat anda terkena asma ini.

Menurut webmd.com, ada banyak jenis bahan yang bisa menyebabkan reaksi alergi atau iritasi yang memicu serangan asma terjadi pada anda. Beberapa di antaranya yang ditemukan oleh ahli kesehatan adalah:

Bahan Kimia

Bahan kimia dalam lem, plastik, resin, karet, pewarna buatan, serat pada karpet, serta enzim dalam detergen bisa menyebabkan reaksi asma bila anda menghirupnya dalam waktu yang lama

Protein

Protein dalam bulu dan rambut hewan serta sel kulit mati juga bisa menyebabkan reaksi asma ini, Ladies

Biji-bijian

Kacang, biji kopi, biji bunga matahari juga memiliki potensi untuk menyebabkan seseorang terkena occupational asthma.

Tekstil

Kapas, benang, debu, dan pewarna tekstil bisa menjadi penyebab potensiaol untuk penyakit asma jenis ini.

Logam

Bahan dasar logam seperti platina, chrome, nikel, dan zat kimia yang muncul dalam proses solder bisa menjadi penyebab serangan asma pada penderita asma maupun yang tidak memilikinya.

Mamor Adi P
   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading