Sukses

Beauty

Kegemukan Membahayakan Asma pada Orang Tua

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Tolly Epstein mengatakan bahwa penderita asma, khusunya orang tua yang gemuk atau memiliki berat badan lebih memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang tua yang memiliki berat badan normal. Bagaimana bisa?

Seperti yang terungkap di www.everydayhealth.com, 104 pasien menjadi subyek penelitian.  Penelitian ini menemukan bahwa orang tua penderita asma yang berumur 65 tahun atau di atas 65 tahun dan kebetulan memiliki berat badan lebih atau gemuk memiliki resiko lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan pasien yang memiliki berat badan normal.

Bukan hanya itu saja, pasien orang tua yang mengalami kegemukan ini juga lebihrentan terhadap polusi udara. Alasannya belum jelas kenapa namun para peneliti mengatakan bahwa lemahnya respon terhadap molekul reaktif yang tinggi yang diproduksi di dalam tubuh ketika mereka bernafas di tengah polusi udara menjadi penyebabnya.

Penulis penelitian yang dipublikasikan pada tanggal 1 Juni 2012 di Jurnal Annals of Allergy, Asthma & Immunology ini juga  menyatakan bahwa apabila penderita asma yang sudah tua dan mengalami kegemukan ini tidak mampu mengontrol asma mereka saat terkena polusi, berbagai resiko dapat menyerang. Resiko tersebut diantaranya resiko masuk ke ICU, mendapatkan perawatan medis di rumah sakit, bahkan kematian.

Oleh karena itu, apabila anda adalah orang tua yang memiliki asma atau seseorang yang memiliki kerabat dengan kondisi yang sama, hendaknya kesahatan lebih dijaga dan kontrol makanan yang dikonsumsi lebih diperhatikan supaya tidak mengalami kegemukan.

Oleh: NinukRetna Sumiarsih
   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading