Sukses

Beauty

Kenali Gejala Asma yang Semakin Parah

Ketika Anda memiliki penyakit asma, Anda memang disarankan untuk tetap mengkonsumsi obat secara teratur dan mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah munculnya gejala asma. Selain menjalani pengobatan tersebut, Anda juga dianjurkan untuk menghindari apa pun yang dapat memicu gejala atau serangan asma.

Health.usnews.com menambahkan satu hal lagi yang perlu Anda waspadai dan kenali dengan baik, yaitu ciri-ciri penyakit asma yang Anda miliki. Kenali kondisi Anda maupun gejala asma Anda dengan sangat baik untuk memastikan apakah penyakit tersebut masih di bawah kontrol atau semakin memburuk.

Berikut ini beberapa karakteristik penyakit asma yang semakin memburuk, seperti yang disebutkan oleh Institusi Jantung, Paru-paru, dan Darah Amerika (The U.S. National Heart, Lung, and Blood Institute):

Pertama-tama, gejala Anda semakin berat dan sulit untuk dikontrol. Selain itu, Anda lebih sering mengalami gejala asma dibandingkan pada waktu-waktu sebelumnya. Penyakit asma Anda menjadi lebih parah jika gejalanya semakin sering muncul pada malam hari dan bahkan mengganggu waktu tidur Anda.

Jika baru-baru ini Anda pernah ijin untuk tidak masuk sekolah atau tidak masuk kerja karena penyakit asma atau bahkan tidak bisa beraktivitas seperti biasanya, ini berarti asma Anda juga berkembang semakin parah. Tanda lainnya berkaitan dengan angka peak flow yang menurun dari angka normal Anda atau hasil yang fluktuatif dari hari ke hari.

Perhatikan pula pengobatan Anda, apakah obat Anda masih efektif mengatasi gejala asma. Jika jawabannya tidak, berarti asma Anda bertambah parah. Ketika ciri-ciri tersebut cukup sering Anda alami akhir-akhir ini, segera hubungi dokter dan minta pengobatan.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading