Sukses

Beauty

Kompor Gas Picu Gejala Asma

Gejala asma memang dapat dipicu oleh banyak hal, baik alergi terhadap bau-bau tertentu bahkan oleh beberapa partikel yang terkandung di dalam udara yang dihirup. Apabila anda sudah mengetahui apa saja pemicu timbulnya asma, maka tindakan preventif memang harus segera dilakukan supaya terhindar dari asma.

Bagaimana jika ada beberapa faktor yang tidak anda ketahui dan bisa menimbulkan gejala asma? Salah satu pemicu asma berasal dari barang yang dekat dengan anda dan keluarga yakni, kompor gas. Bagaimana bisa?

Berdasaran www.everydayhealth.com, memasak menggunakan kompor gas dapat memicu gejala asma. Gregory Diette, MD, seorang professor dalam halo bat dan epidemiologi di Center for Global Health, gas yang dikeluarkan oleh kompor gas dapat memicu timbulnya gejala asma bagi penderita.

Kompor gas mengeluarkan nitrogen dioksida berpotensial menimbulkan gejala asma. Bagaimana gas tersebut menyebar diteliti oleh Diette dalam penelitiannya. Diette dan koleganya menemukan bahwa nitrogen dioksida dapat menyebar ke seluruh penjuru ruangan. Bahkan, kamar anak yang berada di lantai yang berbeda dengan dapur masih dapat terjangkau oleh penyebaran gas ini.

Dalam penelitiannya seperti yang terangkum di www.everydayhealth.com, Diette juga menemukan bahwa anak yang tinggal di rumah yang memiliki kompor gas cenderung memiliki gejala-gejala asma. Diette menyarankan agar ibu-ibu rumah tangga memilih kompor elektrik dibandingkan dengan kompor gas.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading