Sukses

Beauty

Jangan Batuk Terlalu Kuat, Ini Hasilnya...

Seorang penderita asma memang sering terbatuk-batuk ketika asma mulai kambuh. Bukan hanya bagi penderita asma, orang yang tidak memiliki asma pun juga bisa batuk, baik batuk berdahak atau tidak. Namun, ada baiknya bila anda tahu bahwa membuat batuk anda terlalu keras dan kuat dapat membahayakan diri anda sendiri.

Sebuah kasus terkait dengan batuk yang terlalu kuat terjadi pada seorang wanita yang kebetulan seorang penderita asma. Dalam sebuah laporan New England Journal of Medicine, seperti yang terangkum di www.everydayhealth.com, seorang wanita batuk dengan sangat kuat hingga bagian dari paru-paru nya keluar melalui tulang rusuk.

Membaca keterangan singkat di atas, seram bukan? Biarpun kasus ini sangat langka, namun wanita yang kemudian terpaksa di bawa ke rumah sakit ini memang memiliki beberapa jaringan yang keluar melalui tulang rasuk karena ia batuk terlalu kuat. Batuk nya sendiri terjadi karena infeksi di saluran pernapasan yang kemudian menyebabkan rasa sakit di dada.

Seperti yang diungkapkan oleh seorang dokter yang juga co-author dari Don’t Cross Your Eyes, beberapa orang lainnya juga pernah mengalami masalah dikarenakan mereka batuk yang terlalu kuat. Permasalah yang orang hadapi karena batuk yang terlalu kuat ini adalah pecahnya limpa hingga keluarnya bola mata dari kerangkanya.

Sungguh menyedihkan. bukan? Oleh karena itu, sebesar apapun keinginan anda untuk batuk ketika asma menyerang, hendaknya batuklah sewajarnya saja. Jangan menggunakan seluruh tenaga anda untuk sekali hempasan batuk karena dapat membahayakan diri anda sendiri.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading