Sukses

Beauty

Pemicu Asma, Apa Saja?

Gejala asma dapat memiliki pemicu yang sangat bervariasi tetapi pemicu tersebut tidak memerikan dampak yang sama pada masing-masing individu. Setelah Anda mengtahui apa yang dapat memicu munculnya asma Anda, Anda dapat berusaha untuk menghindarinya.

Menurut www.nhs.uk, salah satu pemicu asma adalah infeksi pada saluran pernafsan dan dada. Infeksi pada saluran pernafasan atas yang mempengaruhi saluran udara yang atas. Infeksi jenis ini banyak disebabkan oleh demam dan flu. Selain itu, allergen juga dapat memicu asma.

Contoh dari allergen tersebut antara lain adalah serbuk sari, butiran debu, serta bulu atau rambut binatang. Karena asma berkaitan dengan saluran pernafasan, polusi udara yang disebabkan oleh asap rokok, bau-bauan dari senyawa kimia serta pengotor atmosfer juga dapat memicu asma.

Sepertinya, asma dapat dipicu oleh alergi pada makanan tertentu. Walapun tidak umum, beberapa orang mungkin memiliki alergi pada kacang atau makanan lainnya. Jika seseorang yang alergi terhadap kacang secara tidak sengaja mengkonsumsi makanan yang mengandung kacang, kondisi alergi tersebut dapat memicu munculnya asma yang sangat parah.

Faktor lain yang dapat memicu asma adalah kondisi ruangan dan cuaca di luar rumah. Perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba dan kondisi rumah yang lembab atau berdebu juga dapat memicu munculnya asma.

Jika banyak orang mengatakan bahwa olah raga baik untuk kesehatan, orang yang memiliki asma perlu berhati-hati dengan masalah olahraga karena ternyata olahraga dapat pula memicu munculnya asma pada orang-orang tertentu.

Penulis: Ratiih Kristianasar

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading