Sukses

Beauty

Tanggulangi Efek Samping Tablet Steroid

Jika anda penderita asma tingkat lanjut, mungkin anda membutuhkan tablet steroid untuk meredakan asma yang anda derita. Namun anda harus berhati-hati karena tablet steroid dengan dosis yang tinggi dapat berbahaya bagi kesehatan anda karena memiliki banyak efek samping.

Atas dasar itu, biasanya dokter anda akan memberikan resep tablet steroid dengan dosis sekecil mungkin jika memungkinkan. Penting halnya bagi anda untuk kembali menjalani perawatan-perawatan asma lainnya secara teratur untuk menekan kebutuhan akan tablet steroid.

Jika anda memiliki asma yang sudah parah dan harus mengkonsumsi tablet steroid untuk jangka panjang, banyak efek samping berbahaya yang dapat muncul dari usaha peringanan asma anda ini. Namun anda tidak perlu cemas, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghindari efek samping tablet steroid seperti yang dijelaskan oleh asthma.org.uk berikut ini:

1. Yang paling penting adalah jangan merokok. Jika anda merokok, efek samping pengeroposan tulang dapat menjadi lebih buruk.

2. Mengkonsumsi tablet steroid sebagai hal pertama yang anda konsumsi dipagi hari dapat berguna untuk menurunkan efek samping yang dapat terjadi.

3. Orang yang membutuhkan tablet steroid secara teratur dapat mengkonsumsi suplemen kalsium setiap harinya, meskipun tidak ada bukti ilmiah yang jelas yang membuktikan kegunaannya.

4. Olahraga yang cukup berat, seperti berjalan kaki selama 20 menit setiap harinya dapat membantu tubuh anda menghindari pengeroposan tulang sebagai pengaruh penggunaan tablet steroid jangka panjang.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading