Sukses

Beauty

Punya Asma, Perhatikan Ramalan Cuaca

Cuaca akhir-akhir ini memang tidak menentu dan sangat sulit untuk diprediksi. Bisa jadi pagi hari terlihat sangat cerah, tetapi hujan turun dengan tiba-tiba di siang hari. Belum lagi udara pada malam hari yang menjadi sangat dingin.

Cuaca yang tidak menentu ini bisa menjadi masalah pada kondisi kesehatan karena tubuh yang perlu beradaptasi pada perubahan ekstrim. Terlebih lagi, udara atau cuaca juga sangat berpengaruh pada Anda dengan penyakit asma, sebagaimana dilansir oleh activebeat.com.

Kalau Anda punya penyakit asma, Anda perlu meningkatkan kewaspadaan Anda pada perubahan cuaca. Mengapa seperti itu? Perubahan cuaca yang ekstrim dapat memberikan pengaruh yang cukup besar untuk mengontrol penyakit asma Anda.

Coba ingat-ingat, apakah gejala asma Anda semakin sering muncul ketika udara dingin dan jarang muncul ketika cuaca kering? Jika iya, berarti memang penyakit asma Anda dipengaruhi oleh kondisi cuaca.

Ketika hari hujan atau udara lembab, gejala asma akan lebih sering muncul. Begitu pula ketika angin bertiup cukup kencang pada hari tersebut. Udara yang lembab dapat menyumbat saluran pernapasan karena udara yang dihirup mengandung titik-titik air. Sedangkan angin yang bertiup kencang membawa berbagai macam alergen seperti debu atau serbuk sari.

Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk selalu memastikan ramalan cuaca sebelum Anda keluar rumah. Lebih baik rencanakan aktivitas di dalam ruangan bagi Anda atau anggota keluarga lain yang rentan asma jika ramalan cuaca mengatakan hari akan hujan atau berangin.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading