Sukses

Beauty

Waspadai Faktor Keturunan Kanker Payudara

Keturunan merupakan salah satu faktor utama meningkatnya resiko kanker payudara pada wanita. Untuk itu, wanita perlu tindakan nyata guna meminimalisir resiko akan penyakit berbahaya ini.

Seperti yang dilansir oleh medicalnewstoday.com bahwa wanita yang memiliki sejarah kanker payudara memiliki resiko lebih besar untuk terserang penyakit yang sama. Seperti yang dialami oleh Angelina Jolie yang memutuskan untuk mengangkat kedua payudaranya sebagai tindakan pencegahan.

Pasalnya, ada salah satu gen yang disebut BRCA-1 yang merupakan gen pembawa kanker payudara dan ovarium. Dengan adanya gen ini bisa dipastikan bahwa perempuan tersebut memiliki resiko sebesar 65 persen terserang kanker payudara maupun ovarium.

Untuk mengetahui adanya resiko tersebut, Anda bisa melakukan pengecekkan terhadap keluarga Anda meliputi lima hal. Pertama adalah sejarah keluarga. Hal ini tentu saja mencari tahu apakah ada dari anggota keluarga Anda yang memiliki pengalaman terserang kanker payudara.

Kedua adalah meneliti apakah ada lebih dari dua saudara dari pihak ayah saja atau ibu saa yang mengalami kanker payudara. Jika ada, maka jelas Anda memiliki resiko terserang penyakit yang sama.

Ketiga adanya masalah tumor-tumor primer pada sejumlah keluarga Anda Keempat adanya kanker-kanker kecil yang dialami keluarga. Kelima adanya masalah Ashkenazi pada keluarga yang ada di atas Anda.

Jika Anda menemukan salah satu dari kelima masalah tersebut, maka akan lebih baik untuk melakukan tes genetis guna mengetahui keberadaan gen BRCA-1 yang menrupakan gen pembawa kanker payudara guna melakukan tindakan pencegahan.

Wahyu Wienanda


(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading