Sukses

Beauty

Alat Pendeteksi Kanker Payudara: Mammogram

Deteksi awal untuk kanker payudara memang sangat penting untuk dilakukan. Bagaimana tidak, kanker payudara adalah penyakit kedua yang mematikan setelah kanker kulit.

Nah, inilah pentingnya untuk melakukan screening. Ya, mammogram adalah alat yang bisa diandalkan untuk melakukan pekerjaan ini. Mammogram? Sudah tahukah Ladies mengenai alat ini?

Ya, menurut mc.uky.edu, mammogram adalah alat untuk mendeteksi adanya kanker di dalam payudara dengan menggunakan sinar X. The American Cancer Society juga merekomendasikan wanita di sana untuk memeriksakan kesehatan payudara mereka dengan mammogram. Terutama untuk mereka yang berumur lebih dari 40 tahun.

Wah, kira-kira kenapa ya lebih khusus untuk mereka yang berusia lebih dari 40 tahun? Ya, ternyata, wanita dengan usia yang lebih tua cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita kanker payudara.

Pertanyaan berikutnya adalah, seperti apa sih alat yang dinamakan mammrogram ini? Bagaimana juga cara kerjanya?

Nah, jadi mammogram ini terdiri dari camera unit yang mengeluarkan sinar X, dan juga 2 buah lempengan yang akan menekan payudara secara horisontal.

Nah, dari sinar X inilah, akan diketahui keadaan jaringan yang ada di dalam payudara. Namun, kebanyakan wanita akan merasakan kesakitan selama payudara ini ditekan. Jadi, seringkali pemeriksaan hanya dilakukan selama beberapa detik saja.

Mammogram ini ternyata tidak hanya disarankan untuk mereka yang mengalami gejala-gejala kanker payudara saja, namun juga untuk semua wanita sebagai tindakan pendeteksian lebih awal.

Ladies, kita sudah kenalan sama mammogram nih. Semoga menambah pengetahuan ya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading