Sukses

Beauty

Ceritakan Risiko Kanker Payudara pada Anak


Kanker payudara merupakan penyakit mematikan nomor 2 di seluruh dunia. Penyakit ini telah membunuh ratusan ribu wanita di setiap tahunnya. Selain mematikan, kanker payudara yang dikenal penyebarannya melalui gen atau diturunkan kepada saudara sedarah membuat banyak orang khawatir terjangkit oleh penyakit ini.

Berikut ini adalah hasil penelitian dari para ibu yang didiagnosa positif mengidap kanker payudara dan keputusannya menceritakan keadaannya kepada anak mereka. Mengapa mengungkapkan risiko yang para ibu miliki kepada anak – anak mereka penting?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti asal Georgetown Lombardi Comprehensive Cancer Center, yang dimuat pada situs healthland.time.com, menemukan fakta bahwa dari 221 orang ibu, kebanyakan dari mereka memilih untuk menceritakan kepada anak – anak mereka tentang risiko kanker payudara yang mereka miliki.

Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa para ibu yang memilih menceritakan keadaan mereka sebenarnya – bahwa ditemukan adanya mutasi gen BRCA1 dan BRCA2, gen pembawa kanker – cenderung memiliki ketenangan hati, dan sebaliknya.

Mengapa para ibu perlu menceritakan risiko kanker yang mereka miliki pada anak mereka?

Hal ini karena penyakit kanker paling banyak menyebar akibat faktor genetika yang diturunkan. Jadi kontan saja seorang ibu secara tidak langsung wajib memberi tahu risiko kanker yang ia miliki kepada anaknya – orang yang mempunyai risiko sama besarnya dengan dirinya. Namun, oleh para dokter disarankan seorang ibu menceritakan risiko yang dia miliki ketika anaknya menginjak usia yang telah paham dengan topik yang akan disampaikan.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading