Sukses

Beauty

Wanita Muda dan Kanker Payudara: Tingkatkan Kewaspadaan Anda

Di UK, jumlah wanita muda (berusia di bawah 50 tahun)yang didiagnosis memiliki kanker payudara telah mencapai 10.000 pada satu tahun ini, seperti yang dikutip dari medicalnewstoday.com. Jika dibuat perbandingan, satu dari lima wanita yang didiagnosis terkena kanker payudara berusia di bawah 50 tahun.

Berbagai pertanyaan mungkin menyeruak di benak Anda. Salah satu pertanyaan yang mungkin menyembul adalah apa sih penyebab naiknya jumlah wanita usia muda yang terkena kanker payudara.

Sebenarnya para ahli masih belum yakin apa yang membuat insiden ini terjadi. Satu hal yang cukup mencolok sepertinya berkaitan erat dengan masalah hormonal. Anda perlu memahami bahwa hormon tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi tubuh tetapi juga bisa terpengaruh oleh faktor eksternal seperti konsumsi alkohol, keputusan untuk memiliki anak pada usia yang lebih tua, atau hal lainnya.

Pilihan yang Anda buat harus dipertimbangkan secara masak. Contohnya, ketika Anda tidak ingin memiliki momongan dulu setelah menikah, Anda cenderung mengkonsumsi pil KB untuk menghambat kehamilan.

Memang pil KB bisa ampuh menghambat kehamilan, tetapi juga memberikan beberapa dampak yang mempengaruhi keseimbangan hormon di tubuh dan dapat berujung pada naiknya resiko kanker payudara. Untuk itu, Anda harus sangat memperhatikan setiap hal kecil yang terjadi pada tubuh Anda termasuk perubahan pada payudara.

Perubahan ukuran payudara, munculnya benjolan atau lekukan pada payudara, serta kulit kemerahan bisa jadi ciri-ciri munculnya kanker payudara. Jika Anda merasakan gejala tersebut, cepat hubungi dokter dan lakukan pemindaian agar dapat segara ditangani.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading