Sukses

Beauty

Jenis-Jenis Eating Disorder

Eating Disorder adalah istilah populer untuk kelainan pola makan yang terjadi pada manusia, biasanya diperngaruhi kondisi mental yang tidak sehat. Kebanyakan penderitanya adalah wanita, karena adanya tekanan untuk memenuhi standar kecantikan tertentu yang berkaitan dengan berat badan dan bentuk tubuh. Berikut ini adalah penjelasan dari jenis-jenis Eating Disorder dari situs wikipedia.com:

1. Bulimia
Penderita bulimia bisa makan berbagai makanan seperti biasa dengan normal secara rutin. Namun kemudian mereka harus memaksa diri mereka untuk memuntahkan makanan tersebut, mengkonsumsi obat pencahar, atau melakukan pekerjaan fisik secar berlebihan dengan tujuan agar makanan tersebut cepat keluar dari tubuh sehingga tidak menambah berat badan.

2. Anoreksia
Anoreksia adalah gangguan pola makan dimana penderita terus-terusan merasa takut secara berlebihan jika berat badannya naik sehingga mereka akan menolak mengkonsumsi makanan yang sebenarnya mempunyai nutrisi yang dibutuhkan tubuh mereka. Penderita anoreksia biasanya makin lama akan mengkonsumsi semakin sedikit makanan hingga tahap ekstrim.

3. Binge
Kebalikan dari Anoreksia, Binge adalah istilah untuk orang yang mempunyai kebiasaan makan secara berlebihan. Mereka biasanya mengkonsumsi jumlah gula atau garam dan lemak yang melebihi batas sehingga mengakibatkan obesitas.

4. Pica
Gangguan ini merujuk pada orang-orang yang senang menjilat atau mengunyah sesuatu yang bukan makanan (kapur tulis, kertas, lem) atau makanan yang tidak mengandung nutrisi (biji kopi, es, baking soda) secara kompulsif tanpa menelannya.

5. EDNOS (Eating Disorders Not Otherwise Specified)
EDNOS melingkupi gangguan pola makan yang tak terklasifikasi pada 4 grup sebelumnya. Sebagai contoh, penderita anoreksia yang juga mempunyai gangguan bulimia, atau kombinasi dari berbagai gangguan pola makan lain.

Oleh: Isdiana Zulidha

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading