Sukses

Beauty

Sedikit tentang Kista Ovarium

Ladies, apakah Anda tahu apa itu kista? Kista adalah benjolan yang bisa muncul di tubuh Anda, terutama pada bagian rahim atau mulut rahim. Kista ini bisa berbahaya bagi Anda.

Ada banyak penyebab kista muncul, dan pada beberapa kasus, kemunculan kista tidak diketahui oleh Anda, karena tidak diiringi dengan gejala-gejala. Contohnya, menurut emedicinehelath.com, kista yang ditemukan pada ovarium biasanya muncul tanpa gejala.

Kista ovarium ini tidak menimbulkan gejala, namun keberadaannya bisa diketahui lewat pemeriksaan fisik rutin, dan terlihat melalui tes USG. Namun, pada kista yang telah berkembangan dan memiliki ukuran cukup besar, ada beberapa keluhan yang mungkin Anda rasakan, antara lain.

1. Nyeri pada bagian perut abdomen atau nyeri pada bagian pelvic. Biasanya rasa nyeri ini muncul, kemudian menghilang, dan muncul lagi dengan rasa yang jauh lebihs akit dari sebelumnya.

2. Jadwal mens tidak teratur.

3. Perut merasa penuh, dan tertekan.

4. Sakit pada bagian pelvic dan punggung bagian belakang ketika mengalami menstruasi.

5. Sakit pada bagian pelvis setelah berolahraga, atau setelah melakukan hubungan seksual.

6. Sakit pada saluran kencing atau pada usus besar.

7. Rasa mual dan ingin muntah.

8. Rasa sakit pada vagina dan muncul bercak darah.

9. Ketidaksuburan.

Ladies, apabila Anda mendapati beberapa dari keluhan itu, akan lebih baik apabila Anda berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan dini.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading