Sukses

Beauty

Yuk, Kenali Jenis-Jenis Kanker Kulit!

Mendengar kata ‘kanker’ memang sering mengerikan, bukan? Apalagi dengan mengetahui banyak sekali jenis kanker yang berujung pada kematian. Nah, pembahasan kita sekarang adalah tentang satu jenis kanker yang paling sering menjangkit manusia; Kanker Kulit.

Kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah menjangkit karena letak kulit yang menjadi bagian terluar dari tubuh. Sekarang, kita akan mengenal lebih jauh jenis dan tandanya agar lebih waspada. Menurut mayoclinic.com ada 3 jenis. Apa saja itu? Let’s check this out!

- Basal Cell Carcicoma
Ini adalah jenis kanker yang muncul di permukaan kulit yang terkena cahaya matahari langsung, seperti wajah dan leher. Muncul awalnya seperti benjolan kecil atau luka seperti goresan

- Squamous Cell Carcinoma
Mirip dengan Basal Cell Carcinoma, kanker kulit jenis ini juga muncul di atas permukaan kulit yang sering terkena panas matahari langsung, seperti area wajah, telinga, dan tangan, hanya saja Basal Cell Carcinoma menyerang di lapisan kulit yang lebih dalam. Untuk tanda-tanda terjangkitnya, biasanya diawali dengan munculnya benjolan yang keras atau semacam luka datar yang kering dan bersisik.

- Melanoma
Inilah jenis kanker kulit yang paling berbahaya karena bisa menyerang bagian tubuh yang tidak terkena sinar matahari langsung, bahkan tahi lalat yang sudah lama nangkring di kulit kita bisa menjadi sasarannya. Tanda dari jenis ini pun lebih beragam, seperti bintik lebar kecoklatan, tahi lalat yang berubah warna, ukuran, bahkan berdarah, dan luka-luka berwarna gelap di telapak tangan dan kaki, tepi mulut, bahkan daerah kewanitaan kita juga jadi sasaran. Untuk menghindarinya, segera konsultasikan dengan dokter Anda sebelum terlambat.

Oleh: Kamilah

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading