Sukses

Beauty

Kurangi Resiko Kanker Payudara Dengan Hindari Konsumsi Makanan Ber-Nitrat

Jika anda ingin hidup sehat bebas kanker payudara, anda wajib berhati-hati dengan makanan yang anda makan. Hal ini karena, mungkin saja makanan yang anda konsumsi mengandung zat yang mungkin dapat memicu tumbuhnya kanker payudara.

Salah satu jenis zat dalam makanan yang mampu memicu kanker payudara, menurut penjelasan dalam situs www.healwithfood.org, adalah nitrat. Dijelaskan dalam situs ini, nitrat merupakan senyawa yang terbentuk secara alami di udara, tanah, air, dan juga sering pula ditemui dalam sayuran.

Menurut penjelasan yang tertulis dalam situs tersebut, senyawa nitrat, ketika masuk ke dalam tubuh melalui makanan, akan diubah oleh tubuh menjadi unsur nitrit. Nitrit yang terbentuk akan mampu bereaksi dengan komponen organik tertentu dalam makanan yang kemudian akan menghasilkan nitrosamine.

Nitrosamine inilah yang mampu memicu timbulnya kanker payudara pada wanita. Namun, anda tak perlu khawatir. Pembentukan nitrosamine dalam tubuh ternyata mampu dihambat oleh vitamin C, vitamin E, dan zat-zat anti oksidan yang lain.

Dijelaskan pula dalam situs ini, karena sayuran yang anda konsumsi pada umumnya juga mengandung anti oksidan dalam jumlah yang tidak sedikit, anda tidak perlu khawatir akan terbentuknya nitrosamine dari nitrat yang terkandung dalam sayuran tersebut.

Hanya saja, situs ini juga menunjukkan bahwa nitrat juga sering digunakan sebagai pewarna merah tua pada produk daging olahan. Dan karena daging olahan tersebut umumnya tidak mengandung anti oksidan yang mampu menghambat pembentukan nitrosamine, mengkonsumsi daging olahan yang mengandung nitrat secara berlebihan akan meningkatkan resiko anda terserang kanker payudara.


Oleh: Alfi Suci D.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading