Sukses

Beauty

Perlukah Tes Pemeriksaan Payudara Tiap Bulan?

Khawatir akan resiko kanker payudara itu wajar, namun tidak perlu sampai anda mengalami paranoid ataupun panik, Ladies. Memang benar kanker payudara adalah penyakit mengerikan yang bisa menyerang setiap saat dan belum bisa dicegah kedatangannya. Tapi bukan berarti kanker payudara tidak bisa dideteksi serangannya. Sebelum penyakit ini menyerang, ada baiknya anda selalu siap dengan berkonsultasi dengan dokter ataupun melakukan tes-tes untuk melihat apakah ada sel kanker dalam payudara anda.


Lalu, perlukah melakukan pemeriksaan terhadap kanker setiap bulan? Pemeriksaan payudara boleh anda lakukan, akan tetapi, perlu anda tahu, pemeriksaan payudara tidak akan bisa menghalangi serangan kanker ataupun memberikan bukti konklusif akan adanya sel kanker dalam tubuh anda.


Menurut breastcancerdeadline.org, hal ini karena pemeriksaan payudara hanya akan menunjukkan gejala dari kanker payudara seperti perubahan pada bagian payudara seperti puting, kulit, serta bentuknya. Selain itu, pemeriksaan payudara juga mendeteksi adanya benjolan di payudara yang merupakan sel kanker yang membentuk tumor. Nah, ketika pemeriksaan payudara menunjukkan hasil positif, sebenarnya sel kanker payudara sudah ada dalam payudara anda selama 6 hingga 8 tahun lamanya.


Maka dari itu, bila memang anda merasa memiliki resiko yang tinggi untuk terserang kanker payudara, akan lebih baik meminta bantuan dokter dan berkonsultasi langkah apa yang bisa anda ambil untuk membantu mengurangi resiko serangan kanker payudara terjadi pada anda.

Oleh: Mamor Adi P

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading