Sukses

Beauty

Apakah Anda Anorexia?

Sangat manusiawi jika seorang wanita ingin tampil cantik dan terlihat berbeda. Tetapi jika seseorang sudah terlalu terobsesi dengan ingin terlihat lebih kurus dan lebih kurus lagi agar terlihat mempesona, maka semua itu akan berubah menjadi bencana. Obsesi tersebut akan mengganggu kebiasaan makan, pikiran,dan bahkan hidup.

Obsesi seseorang yang ingin terlihat kurus dan lebih kurus lagi merupakan pertanda dari anorexia. Anorexia merupakan salah satu dari eating disorder yang menempatkan penurunan berat badan di atas segalanya. Anorexia dapat terjadi pada pria maupun wanita di semua jenjang usia. Anorexia dapat merusak kesehatan dan bahkan merusak hidup.

Anorexia bukan hanya sekedar gannguan pada makan, lebih dari itu, anorexia juga merupakan gangguan pada pikiran yang berkaitan dengan psikologi. Seperti yang dikutip dari laman helpguide.org, ada beberapa gejala yang kerap menjadi pertanda bahwa seseorang mengalami anorexia.

1. Selalu merasa dirinya gemuk walaupun orang-orang disekitarnya telah mengatakan tidak.

2. Selalu merasa ketakutan dengan naiknya berat badan

3. Berbohong dan menyembunyikan kebiasaan makan terhadap orang lain. Seseorang yang mengidap anorexia akan selalu merasa tidak nyaman untuk bercerita mengenai kebiasaan makannya.

4. Selalu merasa dirinya buruk dan melakukan diet yang berlebihan dengan memaksa tubuh untuk berolahraga tanpa henti.

5. Menjadikan penurunan berat badan sebagai sumber kebahagiaan. Seseorang yang mengidap anorexia akan menjadikan kurus sebagai tolak ukur kebahagian. Kesehatan tidak menjadi urusan asalkan bisa terus mengurangi berat badan.

Ratna Komala Dewi

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading