Sukses

Beauty

Penjelasan Singkat Eating Disorder

Ladies, apakah Anda tahu anoreksia dan bulimia? Benar, keduanya termasuk dalam easting disorder. Tapi tahukah Anda bahwa bukan hanya anoreksia dan bulimia saja yang termasuk eating disorder?

Wikipedia.org menyebutkan bahwa ada dua golongan eating disorder, satu dari keduanya adalah yang terekam dalam panduan kesehatan.

Eating disorder yang sudah termasuk dalam manual kedokteran seperti ICD-10 dan DSM-IV adalah:

1. Anorexia nervosa.
Mereka yang menderita kelainan mental ini menghindari makan karena sangat takut akan pertambahan berat badan. Mereka juga cenderung memiliki standar langsing yang tidak masuk akal.

2. Bulimia nervosa.
Berbeda dengan penderita anoreksia, pendeirta bulimia mau makan, namun segera memuntahkannya. Mereka beralasan bahwa mereka hanya membutuhkan nutrisi, dan tidak membutuhkan ampas makanan. Selain itu, mereka juga “hobi” puasa dan berolahraga.

3. Eating disorder bukan anoreksia bukan bulimia.
Kelainan ini juga disebut EDNOS. Biasanya muncul pada mereka yang tidak anoreksia atau bulimia, namun terkadang kedua gejala tersebut muncul.

4. Binge eating disorder (BED).
Mereka yang menderita BED cenderung tidak bisa mengontrok keinginan untuk makan. Mereka makan dalam porsi besar secara cepat, dan menyembunyikan makanan itu dari pandangan lainnya.

5. Pica.
Pica adalah kondisi yang sangat mengherankan. Pasalnya, mereka tidak hanya tidak bisa mengontrol keinginan untuk makan dan mengunyah, tetapi mereka menginginkan apa saja termasuk bukan makanan, seperti kertas, kapur, es, biji kopi, rokok, dan banyak benda aneh lainnya.

Bagaimana Ladies? Mengherankan sekali, bukan? Bagaimana opini Anda?

Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading