Sukses

Beauty

Latihan Super Ringan Untuk Mengurangi Sakit Saat Bersalin

Deg-degan menjelang persalinan? Pasti Bunda sudah sibuk menandai kalender tiap harinya mendekati hari kelahiran. Bagi Bunda yang sudah mempersiapkan kehamilan normal dan yakin pada kondisi fisik Bunda sendiri dan janin, ada baiknya Bunda mulai melatih fisik Bunda untuk mempermudah proses kelahiran. Ada latihan super ringan yang bisa Bunda lakukan, lho, untuk melatih otot-otot kewanitaan Bunda agar persalinan lebih mudah. Berikut beberapa contoh seperti yang dilansir oleh babycenter.com:

Lakukan senam kegel. Senam ini bisa Bunda lakukan dimanapun dan kapanpun tanpa membutuhkan bantuan alat. Namun, pada beberapa kondisi Bunda, pemanasan kaki ringan untuk kaki bagian atas diperlukan sebelum melakukan latihan ini. Inilah cara senam kegel:
- Kencangkan otot-otot di sekitar organ kewanitaan seperti akan menahan pipis.
- Tahan selama 4 detik, lalu lemaskan. Ulangi cara ini 10 kali dalam 1 set. Lakukan 4 set 3-4 kali sehari.

Alternatif lain, Bunda bisa melatih otot-otot kewanitaan Bunda pada saat buang air kecil. Dalam sekali buang air kecil, Bunda bisa menahan urin hingga 3-4 kali keluaran. Jadi, urin tidak dilepas sekaligus secara langsung seperti biasanya. Dorongan urin untuk dikeluarkan itu sangat kuat sehingga bagus untuk melatih otot-otot kewanitaan Bunda.

Nah, Bunda, tidak sulit kan? Tidak perlu keluar biaya dan dapat dilakukan di rumah sendiri tanpa merepotkan orang lain. Selamat berlatih!

Mazhi

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading