Sukses

Beauty

Mengenal Anoreksia, Binge, dan Bulima

Ladies, setidaknya ada tiga macam penyakit mental yang berhubungan dengan nafsu makan. Yang paling banyak dikenal adalah anoreksia dan bulimia. Yang ketiga adalah binge. Menurut umm.edu. setidaknya ada tiga hal yang sangat identik dengan ketiga eating disorder tersebut:

1. ketiganya banyak ditemukan pada perempuan muda,

2. penderita bulima tidak melewatkan makan namun memuntahkannya kembali, penderita anoreksia tidak makan sama sekali, dan penderita binge tetap makan walaupun sudah merasa kekenyangan,

3. nafsu makan mereka membuat depresi, dan depresi mempengaruhi nafsu makan mereka.

Setidaknya ada tiga faktor yang menyebabkan banyak perempuan muda memiliki eating disorder. Yang pertama, penyakit tersebut muncul karena faktor genetic. Biasanya, seseorang yang memiliki saudara menderita eating disorder akan cenderung menjadi penderita juga. Banyak peneliti telah mengkonfirmasi sebuah kromosom yang berpengaruh terhadap eating disorder yang ditemukan pada keluarga.

Kedua, eating disorder bisa menyerang seseorang akibat keadaan biologis mereka. Kelenjar hypothalamic-pituitary-adrenal berperan penting dalam kasus ini. Hypotalamus mengatur nafsu dan libido seseorang dalam hal apapun. Pituitary mengatur produksi tiroid yang mengatur pertumbuhan, kelenjar adrenalis, dan kematangan seksual. Sedangkan amygdala mengatur emosi seperti depresi, anxiety, sifat agresif, dan kasih sayang. Produksi hormone dari ketiga kelenjar itu bisa menyebabkan ketidaksukaan terhadap makanan, dan sebaliknya.

Faktor ketiga yang menyebabkan seseorang menderita eating disorder adalah lingkungan. Seseorang yang sering di-bully akibat terlalu gemuk akan memaksa diri untuk tidak makan untuk menjadi kurus. Seperti para model yang takut kehilangan pekerjaannya, maka mereka memaksakan diri untuk tidak makan.

Nah Ladies, bagaimana tanggapan Anda?

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading