Sukses

Beauty

Apa Itu Eating Disorder?

Eating disorder (kelainan kebiasaan makan) adalah suatu kelainan atau gangguan yang terjadi pada kebiasaan makan seseorang yang disebabkan oleh beberapa hal. Apakah kelainan ini berbahaya? Lalu, apa saja penyebab dan solusi dari eating disorder?

Menurut sebuah artikel yang dilansir pada situs nhs.uk, eating disorder diartikan sebagai kelainan yang terjadi pada kebiasaan makan seseorang yang diakibatkan oleh kekhawatiran orang tersebut akan bentuk tubuhnya. Kekhawatiran yang berlebih itulah yang menyebabkan orang – orang tersebut terobsesi menjaga bentuk tubuh mereka dengan berbagai cara yang malah membahayakan mereka.

Ada 2 jenis eating disorder yang paling banyak dikenal, meliputi:

- Anorexia

Adalah kelainan yang membuat seseorang terobsesi akan berat badan yang sangat kecil sehingga membuat mereka rela kelaparan atau bahkan berolahraga berlebihan.

- Bulimia

Adalah kelainan pada seseorang yang membuat dia memuntahkan setiap makanan yang telah dikonsumsi untuk menjaga berat badannya tidak berubah.

Penyebab terjadinya eating disorder diyakini sebagian besar diakibatkan oleh tekanan lingkungan sekitar. Tren hidup yang menggemari postur tinggi langsing membuat banyak orang mencemooh orang berpostur tubuh tambun. Namun, selain faktor sosial, beberapa faktor biologis diyakini ikut andil sebagai penyebab eating disorder.

Keinginan memiliki postur tubuh proporsional itu sah – sah saja. Selain sebagai alasan mempercantik penampilan, bertubuh proporsional akan menghindarkan seseorang dari risiko terserang penyakit. Namun, Ladies harus melakukan cara yang benar untuk mendapatkan postur yang proporsional yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat yang benar.

Marintan Widi Lestari

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading