Sukses

Beauty

Pencegahan Anoreksia Nervosa

Anoreksia nervosa adalah salah satu gangguan pola makan yang sangat berbahaya. Penderita anoreksia biasanya terobsesi dengan berat badan yang ideal hingga menolak makan makanan yang bisa membuat berat mereka bertambah. Hal ini akan terus menerus terjadi hingga pada titik dimana mereka menolak makan sama sekali. Jika ini terjadi, mereka akan kehilangan nutrisi tubuh dan akibatnya, tubuh mereka akan menjadi sangat kurus hingga menyebabkan kematian.

Bagaimana sesungguhnya cara mencegah anoreksia? Situs mayoclinic.com menyatakan bahwa pada dasarnya tak ada cara yang dapat menjamin untuk mencegah anoreksia atau gangguan pola makan yang lain, karena gangguan-gangguan tersebut berasal dari aspek mental si penderita itu sendiri.

Yang dapat disarankan adalah untuk keluarga, rekan dan sahabat untuk lebih awas dan memperhatikan tanda-tanda atay gejala sekecil apapun yang dapat menjurus ke gangguan pola makan ini. Contohnya stres secara berlebihan dan menganut pola diet yang ekstrim.

Jika anda melihat keluarga atau rekan anda menolak makan dan terlalu memperhatikan angka berat badan, hendaknya anda tidak membiarkannya. Ajaklah bicara dan perhatikan kesehatannya lebih dekat. Mengajak bicara dan memberinya perhatian dan kasih sayang yang cukup akan membuat dirinya lebih percaya diri dan bahagia sehingga fokus perhatiannya teralih dari berat badan.
Ajaklah melakukan aktivitas yang positif dan membangkitkan semangat seperti olahraga, atau hobi yang lain seperti merajut atau melukis. Dengan begitu, paling tidak calon penderita akan merasa lebih bersemangat mengenai hal lain yang lebih bermanfaat.

Isdiana Zulidha

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading