Sukses

Beauty

Apa Itu Lupus?

Apa itu lupus? Pastinya bukan tokoh fiksi yang terkenal pada tahun 80’an ya. Lupus adalah penyakit yang menyerang sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh yang harusnya menyerang virus dan bakteri jahat menjadi hilang kendali dan mulai menyerang jaringan lainnya di tubuh.

Dari 4 jenis lupus yang diketahui, systemic lupus erythematosus atau SLE adalah jenis yang paling berbahaya. Jenis tidak hanya menyerang jaringan kulit seperti jenis lainnya, tapi juga menyerang organ tubuh lainnya seperti darah, sendi, ginjal, bahkan jantung.

Lupus dapat menyerang baik laki-laki maupun perempuan. Tapi dari kasus yang ditemukan, kasus pada perempuan lebih banyak. Penyebab kenapa perempuan lebih sering terserang pun masih bersifat hipotesa. Dilansir dari medicalnewstoday.com, hormon estrogen pada wanita diduga sebagai penyebabnya. Ini karena virus sering menyebar saat sebelum siklus datang bulan datang. Stres berlebihan, terlalu banyak terpapar matahari, merokok, obat atau bahan kimia tertentu atau infeksi kemungkinan juga menjadi faktor karena hal-hal tersebut sangat bersifat kontradiktif terhadap tubuh.

Gejala yang dapat terlihat pada lupus antara lain adalah nyeri sendi, pembengkakan pada tangan, panas lebih dari 38 derajat Celsius, iritasi kulit dan kelelahan yang ekstrim. Pengobatan pada lupus masih hanya sekedar mencegah virus menyebar bukan menyembuhkannya. Obat baru sedang dikembangkan tapi masih bersifat percobaan.

Pencegahan adalah satu-satunya cara agar bebas dari lupus. Terapkan gaya hidup sehat, rajin berolahraga, dan tidak merokok. Kebiasaan hidup yang sehat lah yang membantu Anda bebas dari
penyakit.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading