Sukses

Beauty

Rencanakan Pola Makan Diabetes Sehat Anda

Diabetes atau masih beresiko diabetes, pola makan harus dijaga agar kadar gula darah tetap seimbang. Medical Nutrients Therapy (MNT) atau terapi nutrisi medis adalah metode yang biasa direkomendasikan oleh ahli nutrisi terhadap penderita diabetes. Karena ini adalah pola makan yang menekankan pada makanan kaya nutrisi tapi rendah kalori, maka buah, sayur, dan gandum utuh adalah sebagian besar menu di MNT.

MNT sudah terbukti paling tepat untuk mengontrol gula darah. Karena memiliki pilihan menu yang sudah diseleksi berdasar manfaatnya, MNT juga membantu untuk mengontrol berat badan. Berat badan yang tidak berlebihan dapat menyeimbangkan gula darah sehingga resiko penyakit lain seperti jantung, ginjal, atau penyakit syaraf dapat dikurangi.

Berikut adalah makanan yang direkomendasikan saat menjalani MNT, seperti dilansir dalam mayoclinic.com, antara lain:

• Karbohidrat sehat. Buah, gandum, sayuran, atau susu rendah lemak sebaknya dikonsumsi karena mengandung karbohidrat baik yang nantinya akan diproses menjadi gula darah.
• Makanan kaya serat. Makanan berserat tinggi lebih susah dicerna sehingga menurunkan resiko pemrosesan kandungan ke bentuk yang lebih kompleks. Buah, buncis, kacang polong, atau tepung gandum memiliki kandungan serat tinggi.
• Daging yang sehat untuk jantung. Daging sampi atau ayam memiliki lemak tinggi. cobalah mengonsumsi ikan seperti tuna, halibut, mackerel, sarden, atau salmon karena berlemak rendah dan mengandung omega-3.
• Lemak tak jenuh. Lemak ini terkandung dalam alpukat, almond, atau walnut. Makanan-makanan tersebut membantu menurunkan kolesterol.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading