Sukses

Beauty

Beberapa Gejala Kanker Leher Rahim

Sebagai seseorang yang perduli terhadap kesehatan seperti anda, kanker leher rahim atau familiar juga dengan sebutan kanker serviks (cervical cancer) tentu sudah tidak asing lagi ya, Ladies. Tetapi, tahukah anda gejala-gejala apa saja yang dirasakan oleh penderita penyakit ini? Berikut ini adalah ulasannya khusus untuk anda.

Menurut lansiran dari laman kesehatan di Amerika, everydayhealth.com, kanker leher rahim pada dasarnya hampir tidak menunjukkan gejala-gejala tertentu pada stadium-stadium awal perkembangannya. Gejala baru akan nampak pada saat kanker sudah menginjak stadium tinggi.

Tetapi, meskipun tidak menampakkan gejala awal, keberadaan penyakit ini dapat dideteksi melaului tes screening atau pap smear. Dengan melakukan tes screening atau pap smear sedini mungkin, akan dapat diketahui apakah ada sel-sel kanker yang tumbuh pada diri anda, sehingga dapat segera dilakukan penanganan yang tepat untuk mematikan perkembangan sel-sel kanker leher rahim tersebut.

Tetapi, apabila sudah mencapai stadium lanjut, bagaimanakah gejala-gejala yang nampak? Masih dikutip dari situs kesehatan yang sama, kanker leher rahim stadium lanjut akan menunjukkan gejala adanya pendarahan yang tak normal dari organ kewanitaan anda. Misalnya, pendarahan saat atau sesudah melakukan hubungan intim, pendarahan di luar periode menstruasi anda, atau bahkan adanya pendarahan saat menopause.

Gejala selanjutnya yang akan muncul adalah sering munculnya rasa nyeri yang teramat sangat pada bagian panggul (pelvis) serta keputihan yang tidak normal. Bila anda atau orang-orang disekiar anda merasakan tanda-tanda tersebut, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter ya, Ladies!

Oleh: Ellis Dwi Rachmawati

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading