Sukses

Beauty

Beberapa Penyebab Kanker Ovarium

Kanker ovarium merupakan salah satu penyakit yang ditakuti wanita. Dengan gejala yang sedikit mirip dengan beberapa penyakit lain, penyakit ini hanya dapat didiagnosa oleh dokter dengan melakukan beberapa uji coba terhadap seseorang yang diduga terjangkit penyakit ini.

Dilansir dari everydayhealth.com, sebuah situs kesehatan di Amerika, beberapa hal dikatakan sebagai penyebab penyakit mematikan ini, di antaranya adalah:

1. Faktor usia.
Kebanyakan kasus kanker ovarium terjadi pada wanita yang telah mengalami perubahan siklus menstruasi atau telah mengalami menopause. Hampir separuh kasus kanker ini ditemukan pada wanita usia di atas 63 tahun.

2. Obesitas (Kegemukan)
Wanita yang menderita obesitas dikatakan akan lebih beresiko terkena penyakit ini dibanding dengan wanita yang memiliki berat badan normal. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Aosaiasi Penyakit Kanker Amerika menyatakan bahwa waita yang menderita obesitas dan didiagnosa terkena kanker ovarium memiliki resiko kematian yang lebih tinggi.

Tidak tanggung-tanggung, resiko kematian yang disebabkan oleh obesitas ini mencapai angka 50 persen. Bisa dibayangkan betapa bahayanya obesitas ini ya, Ladies!

3. Hamil dan Melahirkan
Faktor terakhir yang dapat memicu berkembangnya sel kanker ovarium ini adalah kehamilan dan melahirkan. Seorang wanita yang pernah hamil dan melahirkan memiliki resiko yang lebih kecil untuk terjagkit penyakit kanker ovarium ini dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah hamil dan melahirkan.

Hal tersebut karena hamil dan melahirkan dapat mengurangi resiko terkena penyakit mematikan ini. Selain itu, memberikan asi pada si kecil serta penggunaan pil KB juga dapat menurunkan resiko terjangkit penyakit ini.

Oleh: Ellis Dwi Rachmawati

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading