Sukses

Beauty

Kapan Sebaiknya Mulai Melakukan Pap Smear?

Pap Smear merupakan salah satu metode yang umum dilakukan untuk mendeteksi adanya sel-sel kanker leher rahim (cervical cancer) yang tumbuh di dalam tubuh. Para ahli mengatakan bahwa metode ini masih merupakan salah satu metode yang paling efektif untuk mendeteksi adanya penyakit kanker leher rahim pada wanita.

Dikutip dari situs everydayhealth.com, hampir 12.000 wanita terinfeksi penyakit berbahaya ini setiap tahunnya. Dan dari data tersebut 4.000 orang dilaporkan meninggal karena penyakit kanker leher rahim ini. Cukup berbahaya kan, Ladies?

Tetapi, tahukah anda bahwa angka kematian tersebut sebenarnya masih dapat diturunkan? Ya, dengan melakukan pap smear, para ahli telah membuktikan bahwa angka kematian tersebut dapat berkurang hingga 50 persen.

Melakukan pap smear sedini mungkin dapat mengurangi resiko terkena penyakit ini. Hal ini karena dengan mendeteksi sedini mungkin ada atau tidaknya sel-sel kanker yang hidup dalam tubuh, penanganan yang tepat selanjutnya akan dapat segera dilakukan sehingga sel-sel kanker tersebut tidak sampai berkembang dan tumbuh menjadi kanker yang mematikan.

Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah, kapankah waktu yang tepat untuk melakukan pap smear? Masih dikutip dari situs yang sama, para ahli mengatakan bahwa pap smear dapat dilakukan sedini mungkin. Usia 21 tahun dikatakan sebagai waktu yang tepat untuk mulai melakukan tes ini.

Pap smear dapat dilakukan terus menerus secara rutin hingga usia senja. Saat usia 65 tahun, jika pemeriksaan masih mengindikasikan tidak adanya pertumbuhan sel-sel kanker, maka anda dapat berhenti melakukan tes ini.

Oleh: Ellis Dwi Rachmawati

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading