Sukses

Beauty

Kanker Leher Rahim

Leher rahim ini berada di bawah rahim atau utures. Leher rahim ini biasanya disebut sebagai Serviks. Fungsi dari serviks sendiri ini adalah Sebagai penghubung bagian dalam alat kelamin wanita yaitu penghubung antar uterus atau rahim dengan vagina.

Kanker serviks ini dimulai pada bagian luar serviks tepatnya pada sel pelapis dari serviks yang abnormal. Sel-sel ini akan tumbuh diluar kendali tubuh. Perkembangan sel yang tidak normal ini yang bisa menyebabkan seseorang wanit menderita kanker serviks.

Menurut webmd.com selain perkembangan sel yang tidak terkontrol, kanker serviks ini juga bisa disebabkan oleh virus. Virus yang memiliki peran dalam timbulnya kanker serviks pada wanita adalah virus human papillomavirus atau HPV. Virus ini bisa terjangkit pada seorang wanita saat wanita itu memiliki kontak seksual dengan seseorang yang sudah menderita kanker serviks.

Namun, virus HPV ini tidak semuanya menyebabkan kanker serviks. Beberapa dari virus ini mungkin hanya menimbulkan kutil pada bagian kelamin, bahkan jenis HPV lain malah tidak menimbulkan gejala apapun bagi wwanita yang terjangkit HPV ini.

Setiap orang bisa saja memiliki virus HPV selama bertahun-tahun dan tidak tahu kalau mungkin virus itu sudah berada di dalam tubuh. Untuk bisa menghindari virus ini masuk menginfeksi kedalam tubuh, cobalah untuk melakukan pengecekan HPV secara teratur dengan menggunakan Pap test . Dengan melakukan Pap test hal ini memungkinkan untuk mencegah perkembangan kanker serviks lebih dini.

Oleh: Dimas Galih Wijaya

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading