Sukses

Beauty

Lupus Series (1): Wanita Wajib Tahu

Si Lupus ini merupakan penyakit yang Anda semua wajib tahu, Non. Ia merupakan sebuah penyakit autoimun. Bahaya nggak, sih? Ya bahaya, dong. Sebab nih Ladies, pada kondisi normal, sistem imun membuat protein yang biasa kita kenal dengan antibody agar tubuh kita kebal dalam melindungi serta melawan antigen seperti virus dan bakteri. Tapi jika terserang Lupus, sistem imun tidak bisa membedakan antara antigen dengan jaringan sehat, jadi main serang aja, tuh!

Nah Nona, Lupus ternyata memiliki banyak macam, loh. Menurut yang dikutip dari medicalnewstoday.com, beberapa jenis Lupus telah dapat diidentifikasi, seperti Discoid (Cutaneous), Systemic Lupus Erythematosus (SLE), Drug-Induced/pengaruh obat, serta Neonatal. Mari simak perbedaannya.

Discoid hanya menyerang bagian kulit saja, seperti wajah, leher, dan kulit kepala, dan tidak menyerang organ dalam. Jenis ini biasanya ditandai dengan adanya bintik-bintik merah pada bagian tersebut

Sedangkan SLE adalah jenis yang lebih berbahaya ketimbang Discoid karena ia menyerang bagian organ atau sistem organ mana saja. Jadi, kalau jenis Lupus yang lain menyebabkan peradangan atau masalah lain pada kulit dan tulang sendi, ia bisa menyerang tulang sendi, ginjal, darah, dan/atau jantung.

Drug-Induced merupakan reaksi dari resep-resep obat tertentu dan gejalanya mirip sekali dengan SLE. Tapi jangan kaget dulu, Non. Beberapa obat yang biasanya menjadi penyebab adalah obat hipertensi yang disebut hydralazine dan obat jantung yang bernama procainamide, dan 400 jenis obat lainnya.

Yang terakhir, si Neonatal, merupakan kasus yang paling jarang ditemui. Ia bisa menyerang ibu-ibu yang antibody-nya keluar melewati fetus. Si bayi bahkan jabang bayinya bisa terkena bintik merah dan komplikasi lain dengan jantung dan darah.
Bagaimana, Non? Bahaya kan. Silakan baca artikel terkait Lupus lainnya.

Oleh: Kamilah

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading