Sukses

Beauty

Kapan Sebaiknya Khitan Bayi Dilakukan?

Bagi calon orang tua baru, menentukan kapan sebaiknya khitan bayi dilakukan memang susah-susah gampang, Bun. Tapi jangan dipikirkan terlalu lama, ya. Segera putuskan apakah si kecil akan dikhitan saat bayi atau ketika usianya sudah hampir baligh. Nah, jika Bunda dan Ayah sudah memutuskan untuk langsung mengkhitan si kecil begitu lahir nanti, berikut ini beberapa panduan tentang kapan waktunya yang tepat, menurut justthefactsbaby.com.

Waktu terbaik untuk mengkhitan bayi sebetulnya adalah pada saat usianya 24-72 jam. Tidak dianjurkan untuk mengkhitan bayi dalam usia kurang dari waktu tersebut. Hal ini dikarenakan pengecekan terhadap bayi belum sempurna. Takutnya, ada masalah kesehatan pada bayi yang membuatnya tidak boleh dikhitan dulu.

Menunda terlalu lama juga tidak dianjurkan, Bun. Karena semakin muda usia bayi ketika dikhitan, semakin mudah proses penyembuhannya. Hal ini disebabkan pada hari-hari awal pasca kelahirannya, pembuluh darah kulit bagian depan alat vitalnya belum sepenuhnya aktif. Jika sudah berusia dua minggu si kecil belum jadi dikhitan, makan dokter terpaksa harus menggunakan bius umum pada prosesnya.

Jadi, jika Bunda dan Ayah memang sudah menginginkan si kecil untuk dikhitan saat bayi, sebaiknya putuskan waktu terbaiknya sebelum hari kelahiran. Karena biasanya setelah kelahiran, Bunda dan Ayah akan cenderung terus bimbang antara perasaan tidak tega dan fakta bahwa Bunda dan Ayah sudah tahu khitan bayi itu membawa dampak positif bagi si kecil nantinya.

Mazhi

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading